Friday, October 23, 2015

Indikator Kinerja KOnstruksi

Pada bidang konstruksi maka pengujkuran kinerja dapat diindikatorkan pada bebarpa hal yaitu Barrie (2005), suatu ”Laporan Kemajuan Bulanan” yang lengkap dapat menyampaikan informasi yang esensial. Isi dari laporan adalah sebagai berikut :
1.         Rangkuman Status Proyek
Tim ini menyajikan suatu ringkasan menyeluruh yangsingkat mengenai status proyek. Ringkasan ini dapatmengandung suatu uraian singkat mengenai status darisetiap tahap utama, memberikan informasi kuantitatifseperti persentase yang telah diselesaikan secara fisikyang dibandingkan dengan penyelesaian yangdirencanakan, dan meramalkan biaya ”penyelesaiansebenarnya” terhadap anggarannya.
2.         Status Pengadaan
Item ini mempertimbangkan kontrak-kontrak yang telahdiluluskan selama perioda itu, kontrak-kontrak yang kinisedang dikeluarkan untuk penawaran dan informasi penting lainnya. Suatu bagan-balok sederhana yangmemperlihatkan status pengadaan sebenarnya danpelulusan kontrak yang dibandingkan dengan rencanayang asli seringkali akan memberikan manfaat.3. Status KonstruksiSatuan dari Laporan Kemajuan ini harus memberikansuatu uraian tentang pekerjaan yang telah dilaksanakandalam periode itu, pekerjaan penting yang harus dilaksanakan dalam perioda mendatang dan suatupembahasan tentang masalah-masalah utama, denganpemecahan yang diusulkan. Informasi secara kuantitatifakan lebih penting dari suatu pembahasan yang bersifat umum saja.
3.         Status Rencana
Item ini harus memuat ringkasan dari rencana-rencanapengendalian menurut kontrak dan menurut fasilitas,yang memperlihatkan kemajuan yang sebenarnya yangdibandingkan dengan rencana-rencana memulai-dini danmemulai-lambat. Bila kontrak atau fasilitas ternyata menjadi terlambat dari apa yang direncanakan ataupuntergeser, maka harus pula dicantumkan hal-hal mengenaipenjelasan tentang masalah itu dan pemecahan atautindakan yang sedang dilakukan untuk mengatasi masalahtersebut.
4.         Rangkuman Laporan Biaya

Rangkuman ini harus memperlihatkan catatan biaya yangsebenarnya, biaya yang diperjanjikan dan biaya untukpenyelesaian yang diperkirakan. Ringkasan ini harusmembandingkan biaya ”penyelesaian sebenarnya” dengananggaran proyek serta mengidentifikasikan danmenjelaskan perubahan dari laporan terdahulu. Juga harusdicantumkan suatu biaya yang sebelumnya tidak terdugasehingga perkiraan menyeluruh dari biaya-biaya sampaipenyelesaian sebenarnya dapat pula diberikan       

No comments:

Post a Comment