Informasi yang tepat
adalah informasi yang berkualitas. Mengenai kualitas informasi, menurut Mukhtar
yang dikutip oleh Gondodiyoto(2003 : 22), mempunyai pendapat yang pada garis
besarnya dapat disimpulkan bahwa agar suatu informasi bisa berguna agar suatu
informasi bisa berguna haruslah memiliki beberapa cirri-ciri atau karakteristik
berikut ini :
1.
Reliable (dapat dipercaya)
Informasi haruslah bebas
dari kesalahan dan haruslah akurat dalam
mempresentasikan suatu
kejadian atau kegiatan dari suatu organisasi
2.
Relevan (cocok atau sesuai)
Infomasi yang relevan
harus memberikan arti kepada pembuat keputusan. Informasi ini bisa mengurangi
ketidakpastian dan bisa meningkatkan nilai dari suatu kepastian
3.
Timely (tepat waktu)
Informasi yang disajikan
tepat pada saat dibutuhkan dan bisa mempengaruhi proses pengambilan keputusan.
4.
Complete (lengkap)
Informasi yang disajikan
termasuk didalamnya semua data-data yang relevan dan tidak mengabaikan
kepentingan yang diharapkan oleh pembuat keputusan.
5.
Understandable (dimengerti)
Informasi yang disajikan
hendaknya dalam bentuk yang mudah dimengerti oleh si pembuat keputusan
Menurut Oetomo (2002 :
15), Kualitas Informasi dibagi menjadi 5 karakteristik, yaitu:
1.
Keakuratan dan teruji
kebenarannya
Informasi harus bebas
dari kesalahan – kesalahan, tidak bias, dan tidak menyesatkan. Kesalahan –
kesalahan itu berupa kesalahan perhitungan maupun akibat gangguan (noise) yang
dapat mengubah dan merusak informasi tersebut.
2.
Kesempurnaan Informasi
Untuk mendukung faktor
pertama diatas, maka kesempurnaan informasi menjadi faktor penting, dimana
informasi disajikan lengkap tanpa pengurangan, penambahan atau pengubahan
3.
Tepat Waktu
Informasi harus
disajikan secara tepat waktu, mengingat informasi akan menjadi dasar dalam
pengambilan keputusan. Keterlambatan informasi akan mengakibatkan kekeliruan
dalam pengambilan keputusan.
4.
Relevansi
Informasi akan memiliki
nilai manfaat yang tinggi, jika informasi tersebut diterima oleh mereka yang
membutuhkan, dan menjadi tidak berguna jika diberikan kepada mereka yang tidak
membutuhkan.
5.
Mudah dan Cepat
Informasi yang
dibutuhkan harus mudah dan cepat diakses. Apabila informasi sulit diakses, maka
orang menjadi tidak berminat untuk memperolehnya. Oleh karena itu, dibutuhkan
informasi yang mudah dan cepat.
No comments:
Post a Comment